Sabtu, 21 Oktober 2017

Standar - Standar Nasional Indonesia dan Peusahaan yang menerapkan

Standar yang sering diterapan di Indonesia dan Perusahaan yang mengunakan

1.     Standar Nasional Indonesia (SNI)
Standar Nasional Indonesia (SNI) merupakan satu-satunya standar yang berlaku secara nasionaldi Indonesia. SNI dirumuskan oleh oleh Panitia Teknis dan ditetapkan olehBSN.AgarSNImemperoleh keberterimaan yang luas antara para stakeholder, SNI dirumuskan dengan memenuhi WTO Code of goodpractice, yaitu openess (keterbukaan), transparency (transparan), consensus and impartiality (konsesnus dan tidak memihak), efectiveness and relevance (efektif sdan relevan), coherence (koheren), dan development dimension (berdimensi pembangunan).
Perusahaan yang menerapkan standar SNI adalah PT. Buyung Poetra Sembada (PT. BPS) pada tanggal 19 Agustus 2016.

2.     ISO 9001
ISO 9001 adalah standar internasional yang diakui dunia untuk sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) dan bersifat global. SSM menyediakan kerangka kerja bagi perusahaan dan seperangkat prinsip-prinsip dasar dengan pendekatan manajemen secara nyata dalam aktivitas rutin perusahaan. Sistem ini bersifat umum dan dapat diterapkan untuk berbagai jenis organisasi dan industri dalam mencapai efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaannya untuk mencapai kepuasan pelanggan.
Perusahaan yang mendapatkan sertifikasi ISO 9001 adalah  PT Rajawali Nusindo pada tanggal 24 November 2014.

3.     ISO 50001
ISO 50001 adalah standardisasi internasional yang berkaitan dengan sistem manajemen energi (energy management systems – requirements with guidance). Standardisasi dikeluarkan pada bulan Juli 2011 oleh International Standardization Organization.
Perusahan yang mendapatkan sertifikasi ISO 50001 adalah PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk pada tanggal 8 Januari 2014.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar